Selamat Datang di Blog SMA As-Saifiyah Syafi'iyah Batumarmar

Kamis, 20 Januari 2011

MENGENAL BEBERAPA AGAMA DI DUNIA

Ada beberapa agama yang berdasarkan monoteisme (agama Samawy) yaitu agama yangberasal dari wahyu Allah melalui Rasul-rasulNya, untuk disampaikan kepada umatmasing-masing dan ada juga beberapa agama yang lahir dari ide-ide manusiasendiri (agama Thabi'i) seperti politeisme yang meyakini adanya banyak Tuhanatau Dewa, dengan menyembah berhala-berhala buatan mereka sendiri.

AGAMA THABI'I.
1. Hinduisme.
Percayaadanya ratusan dewa dengan kekuasaan dan patung masing-masing, terutama 3 dewayang utama (trimurti) : Brahma, Wisnu dan Syiwa.
2. Zoroastrianisme.
Lahir7 abad SM yang mempercayai Ahura Mazda sbg Tuhan dimana pengikutnya memuja api.
3.Budhisme.
Lahir6 abad SM, pengikut2xnya memuja Budha Gautama dengan ajarannya : Budha, Dharma,Sangkha.
4.Taoisme.
Lahir3 abad SM oleh Lao Tse, sebagai Tuhan dalam sistem keagamaan bangsa China.
5.Konfusianisme.
Lahirpada 551 tahun SM, diajarkan oleh Confusius dengan kepercayaan kepada leluhur /nenek moyang bangsa China.
6.Shintoisme.
Diperkenalkansebagai agama nasional bangsa Jepang tahun 1868 yang memuja kepada alam danDewa-dewa serta pahlawan-pahlawan mereka.
7.Shikisme.
Diajarkandi India oleh Guru Nanak yakni campuran paham-paham Hinduisme dan Muslim namunsangat menyimpang dari ajaran Islam. Kepercayaan ini serupa dengan aliranKebatinan di negara kita Indonesia.

B. AGAMA SAMAWY.
1. Yudaisme (Yahudi)
Semulaadalah agama dibawa oleh Nabi Musa AS untuk Bani Israel atau Yahudi dengan bertauhidsuci namun kemudian menyembah Sapi Emas.
2. Kristianisme (Protestan,Katolik).
MelaluiNabi Isa AS sebagai kelanjutan / penggenap ajaran-ajaran Nabi Musa AS buat BaniIsrael, namun kemudian menyimpang kepada ajaran Trinitas yang diajarkan olehPaulus yang semuanya berdasarkan Miths dari kaum pagau / Yunani yakni zamanSebelum Masehi (SM) antara lain :
a.Trinitas orang-orang India : Okteu, Nesse, Atahuta.
b.Trinitas penganut Hindu : Brahma, Wisnu, Syiwa.
c.Di Mesir Kuno : Isis, Hories, Orisis.
d.Orang-orang Yunani : Phanes, Uranos, Kronos.
e.Orang2xRomawi : Yupiter, Menerva, Juno.
3. Islam.
Penerusdan penutup agama-agama Allah Subhanahu Wata’ala, berdasarkan Tauhid suci (Monotheisme absolut) oleh Nabi Muhammad Shallallahu‘alaihi wasallam.
AdapunAtheisme dan kepercayaan Animisme tidak bisa dianggap sebagai agama karenatidak memiliki ajaran-ajaran pokok ketuhanan. Atheisme adalah kepercayaan orangbahwa Tuhan itu tidak ada, bahwa dirinya dan seisi alam ini hanya terjadidengan sendirinya saja. Penganut atheisme ini beranggapan bahwa nasip manusia tergantungpada perhitungan akal pikiran mereka sendiri tanpa ada campur tangan Tuhan.Jadi hakikatnya di sini bahwa Atheisme menganggap akal pikiran mereka sebagaipenentu nasip. Bisa dikatakan bahwa pangenut atheisme ini “mempertuhankan’(dalam tanda kutip) akal pikiran mereka sendiri. Pada era reformasi inipenganut atheisme di Indonesia tumbuh dengan cukup signifikan.
SedangkanAnimisme adalah kepercayaan kepada suatu daya kekuatan hidup atau kekuasaanyang keramat dan tidak berpribadi yangdapat dianggap halus ataupun berjasad (benda bernyawa / punya roh).
Studiperbandingan ini penting karena akan memberikan dampak positif terutama buat para generasi muda Muslim yang inginmenegakkan agama suci ini dan mempertahankan diri dari setiap usaha yang akan merusakkannyaterutama dari pengaruh-pengaruh yang menyelinap ketengah-tengah umat Islamsendiri secara halus (baik yang kita hadapi secara sadar maupun tidak).
Perludisadari oleh generasi muda bahwa penganut ajaran agama-agama itu sampaisekarang masih terus menerus melakukan penyebaran (dakwah), terutama terhadappara pemeluk Islam. Utamanya yang paling berbahaya adalah karena merekaseringkali melakukan penghinaan dan memperolok-olok agama Islam, bisadisebutkan di sini adalah para penganut kristianisme: Protestan, Katolik dansejenisnya
Kenyataanini bisa dilihat di situs-situs dalam internet, banyak bertebaran orang-orangyang selalu menghina Islam. Dalam hal ini diperlukan kewaspadaan dan mawas dirigenerasi muda agar tidak mudah terjebak pada konflik yang mengancam integritasbangsa Indonesia.
Denganmengetahui pokok-pokok ajaran agama-agama di dunia ini diharapkan dapat menjadibekal dasar bagi generasi muda untuk bisa memaklumkan kerasnya hati orang-orangkafir itu, tanpa terlibat dalam konflik yang tidak diperlukan, selama masihdalam taraf-taraf yang bisa dimaklumi.
Pentinguntuk menjadi catatan bahwa Islam juga tidak melakukan pelarangan bagi ummatnya untuk melakukan perlawanan apabilasudah orang kafir memperolok-olok Islam, tidak mau hidup berdampingan secaradamai dengan orang Islam. Apabila terjadi yang demikian maka menjadi wajib bagisetiap muslim untuk melakukan perlawanan. Pada posisi inilah ajaran jihad dalam Islam sangat diperlukan dan menjadisangat penting artinya dalamr angka mewujudkan perdamaian dikalangan ummatberagama. Jihad tidak ada kaitannya menghinaan agama yang bukan Islam. Penghinaan terhadapagama lain juga menjadi larangan keras dalam Islam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates